1. Mengelola Perpustakaan Maya (Backpack)
a. Menambah File atau Link dalam Backpack
- Klik ikon Backpack di toolbar sebelah kiri atas.
- Klik tombol Add to Backpack di sebelah kanan atas
- Ada pilihan File, Pilih File yang akan di upload. kemudian klik Add. (mak file 100 MB )
- Jika Anda memilih Link silakan memasukkan alamat tautan kemudian klik Add
b. Menyimpan Note dalam Backpack
- Geser kursor di sebelah kanan note yang ingin Anda simpan.
- Pilih Add Post to Backpack pada menu drop-down.
- Pilih Backpack dan pastikan link note atau catatan sudah tersimpan di Backpack.
c. Menyimpan Dokumen Tugas dalam Backpack
- Seluruh dokumen yang Anda kirimkan sebagai hasil tugas akan secara otomatis tersimpan dalam backpack,
- Untuk melihat lagi Anda hanya perlu mengklik ikon Backpack di toolbar atas. Kemudian klik tab Turned In di panel sebelah kiri.
d. Membuat, Menyimpan Konten, Menghapus Folder
Membuat Folder
- Klik ikon Backpack di toolbar atas, kemudian pilih menu Add.
- Klik menu Folder.
- Tuliskan nama Folder yang akan dibuat setelah itu klik tombol Add Folder dan Folder siap digunakan.
Menambahkan Konten / sumber belajar Anda ke Folder
- Pilih file yang akan dipindah.
- Arahkan kursor ke sebelah kanan file, kemudian pilih Move (Pindah)
- Pilih Nama Folder yang akan dipakai, kemudian pilih Done.
Menghapus Folder dan Konten
- Klik ikon Backpack di toolbar bagian atas.
- Pilih Folders yang akan dihapus dan klik di sebelah kanan folder.
- Pilih Delete, Setelah muncul pop-up message.
- Klik Delete.
Menghubungkan Backpack dengan Google Drive
- Klik ikon Backpack di toolbar.
- Klik tab Google Drive di sebelah kiri dan klik tombol Connect with Google Drive.
- Anda akan diminta untuk login di akun Google Drive.
- Pilih tombol Allow Access
2. Menggunakan Fitur Assignment dan Quiz
1. Mengerjakan Tugas Melalui Assignment
Mengerjakan Tugas
Tombol Turn In sebagai pintu masuk untuk mengerjakan tugas . Dalam setiap tugas akan mendapatkan informasi berikut.
- Judul tugas yang diberi huruf tebal.
- Tanggal pengumpulan tugas.
- Deskripsi singkat tugas.
- Tanggal penerbitan tugas.
Klik reply untuk bertanya bila kurang jelas.
Membaca catatan (annotation) dari guru
- Klik ikon Annotate untuk melihat catatan guru
- Klik reply untuk menanggapi catatan guru
Mengirim Ulang Jawaban Tugas
Langkah mengirim ulang tugas.
- Klik tombol Turned In pada tugas yang telah diberi komentar.
- Klik tombol Resubmit Assignment yang terdapat di sebelah kanan.
- Lampirkan ulang file yang telah Anda perbaiki.
- Klik tombol Turn In Assignment .
2. Mengerjakan Latihan/Ujian Daring Melalui Quiz
Mengerjakan Latihan/Ujian Daring
- Tombol Take Quiz yang merupakan pintu masuk untuk mengerjakan soal.
- Kemudian klik tombol Start Quiz
- Setelah selesai menjawab quis, tekanlah tombol Submit Quiz.
Jenis model pertanyaan dalam edmodo
- Tipe Multiple Choice (Pilihan Ganda)
- Tipe True False (Pilihan Benar atau salah)
- Tipe Short Answer (Jawaban Singkat)
- Tipe Fill In The Blank (Mengisi Ruang Kosong)
- Tipe Matching (Menjodohkan)
Melihat Hasil Quiz
- Tombol View Results untuk melihat hasil tes
- Pada halaman tersebut dapat dilihat jawaban yang benar berwarna hijau, warna merah berarti salah,
- Pada panel sebelah kanan juga dapat dilihat berapa poin yang didapat dari soal-soal yang telah dikerjakan.
Melihat Penilaian
- Untuk melihat kembali hasil yang sudah kerjakan cukup klik tombol Graded.
- Untuk bertanya secara langsung kepada guru menggunakan fitur Comments. Serta
- Untuk melihat kembali hasil kuis dengan cara mengklik tombol Quiz Result,
Rapor Kelas Maya
- Klik tombol Progress.
- Pilih kelas (mata pelajaran) yang ingin dilihat nilainya,
- Kemudian lihat capaian yang tampil dalam bentuk grafik.
3. Fitur Tambahan pada Edmodo
Pemungutan Suara (Poll)
Untuk dapat menjawab poll, cukup klik salah satu opsi yang diberikan oleh guru, kemudian klik tombol Vote.
Berbagi Parent Code
Tujuh (7) digit parent code digunakan agar orang tua kita dapat terhubung dengan kita dalam Edmodo.
Edmodo Planner
Kita dapat merencanakan kegiatan dengan mengklik ikon Edmodo Planner Toolbar Apps di sisi kanan halaman depan. Kita dapat melihat tanggal jatuh tempo, tugas, dan acara di semua kelas. Pada Edmodo Planner, Kita dapat melakukan hal-hal berikut:
- Menambah kegiatan pribadi beserta deskripsinya dengan ikon di sebelah kanan Planner atau klik ikon yang berada pada hari (Day) & pada tampilan minggu (Week).
- Mambahkan tugas pribadi dengan mengklik ikon yang muncul ketika berada pada bagian Someday.
- Periksa tugas pribadi yang sudah selesai dikerjakan dengan mengklik tombol kotak di samping tugas.
- Lihat kegiatan setiap grup dengan mengklik Everything di pojok kanan atas dan pilih grup mana yang ingin lihat.
- Pilih tampilan Bulanan (Monthly view) dan Mingguan (Weekly view).
- Cetak atau Ekspor Planner Edmodo dengan mengklik ikon Setting di bagian kanan atas
Notifications
Untuk melihat notifikasi, klik ikon yang terletak di pojok kanan atas halaman Edmodo. Semua yang tampil di sini tergantung pada pengaturan notifikasi sebelumnya.
Langkah - langkah menghapus notifikasi:
- Klik ikon notifikasi pada halaman utama Edmodo.
- Pilih notifikasi yang akan dihapus dari menu drop-down.
- Remove All untuk menghapus semua notifikasi & Remove from Notifications untuk menghapus notifikasi yang diinginkan .
Fitur Pencarian (Search) dan Filter
Fitur Search digunakan untuk pencarian terhadap post, kelas (group), guru, siswa lain dengan cara mengetik keyword di Searchposts, groups, users, apps and more.
Fasilitas filter digunakan untuk menemukan posting jenis tertentu. Dengan langkah-langkah berikut :
- Klik tombol Filter Posts By di kanan atas halaman Edmodo.
- Pilih salah satu pilihan filter berikut:
- Author: Penulis posts (By Me & By Teachers )
- Type: Jenis (LatestPosts, Alerts, Assignments , Feeds , Polls, Quizzes).
- More: Lebih detail (Direct Messages, Recent Replies)
Lencana (Badges)
Untuk melihat Lencana dari Profil ikuti petunjuk berikut:
- Klik ikon Me yang terdapat di pojok kanan atas halaman depan Edmodo.
- Klik Profile dari menu drop down.
- Badges di sebelah foto yang menunjukkan jumlah lencana yang terkoleksi .
Untuk melihat Lencana per kelas/Group lakukan langkah berikut:
- Klik ikon Progress pada toolbar atas, pilih grup/kelas yang Anda pilih.
- Klik Tab Progress di panel sebelah kiri.
- Klik Badges di tengah area, maka akan muncul lencana yang Anda dapatkan di grup tersebut.
Apps Launcher
Apps Launcher merupakan kumpulan aplikasi tambahan yang tersedia di Edmodo. Untuk membukanya dengan klik ikon di sebelah kanan Edmodo
Fitur-fitur yang lain dapat sobat server pelajari sendiri jika sudah tergabung dalam edmodo, semoga bermanfaat. Sampai ketemu di artikel berikutnya.
Komentar
Posting Komentar