HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Gambar
Pengertian HAKI Kekayaan Intelektual (KI) merupakan hasil pemikiran berupa ide atau gagasan yang diwujudkan atau diekspresikan dalam bentuk penemuan, karya ilmu pengetahuan sastra dan seni, desain, simbol /tanda tertentu, kreasi tata letak komponen semikonduktor maupun varietas hasil pemuliaan. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak eksklusif yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Secara sederhana HAKI mencakup Hak Cipta, Hak Paten dan Hak Merk.  Namun jika dilihat lebih rinci HAKI merupakan bagian dari benda, yaitu benda tidak berwujud (benda imateriil). Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) termasuk dalam bagian hak atas benda tak berwujud (seperti paten, merek, dan hak cipta). Hak Atas Kekayaan Intelektual sifatnya berwujud, berupa informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sastra, keterampilan dan sebagainya yang tidak mempunyai bentuk tertentu. Jenis Hak Kekayaan Intelektual Hak Cipta. Hak Kekayaan Industri, meliputi:

BAGIAN DAN FITUR MICROSOFT OFFICE POWERPOINT

Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan suatu topik, pendapat ataupun informasi kepada orang lain. Dalam sebuah presentasi terdapat beberapa unsur pokok, yaitu:
  1. Pihak yang melakukan presentasi, yang disebut presenter;
  2. Peserta presentasi/pemirsa, yang disebut audience; dan
  3. Media atau perangkat presentasi.

Bagian-bagian Microsoft office Powerpoint dan fungsinya :

  1. Quick Access Toolbar : Berisi kumpulan tombol pintas yang sering digunakan untuk perintah umum. Secara default terdiri dari SaveUndo, dan Redo.
  2. Ribbon : Berisi kumpulan Tab dari kategori tertentu (Home, Insert, Design, dll.)
  3. Tittle : Menampilkan nama dokumen yang aktif.
  4. Slide Navigation pane : Berfungsi untuk melihat dan bekerja pada slide presentasi. Slide yang dipilih akan tampil di Slide Pane. Slide pada panel navigasi dapat ditambah, dihapus, digandakan, dan diatur ulang.
  5. Ruler : Berada di bagian atas dan di bagian kiri yang berfungsi untuk memudahkan dalam menyesuikan dokumen secara presisi.
  6. Slide Pane : Merupakan tampilan utama slide, dapat   melihat dan melakukan editing pada slide yang dipilih.
  7. Page Number In Slide : Menunjukkan slide yang sedang diakses dari keseluruhan
    slide.
  8. Notes : Klik    untuk    menambahkan    catatan    (notes),    yang    akan membantu       dalam  mempersiapkan          atau     menyampaikan presentasi.
  9. Comments : Menambahkan komentar pada slide yang diakses.
  10. Normal View : Menampilkan mode baca, dengan tetap menampilkan panel navigasi dan slide yang dipilih.
  11. Slide Sorter : Menampilkan versi kecil dari semua slide pada presentasi
  12. Reading View : Menampilkan  mode   baca,   yang    akan    menyembunyikan perintah edit untuk memudahkan ketika diperiksa.
  13. Play Slide Show : Berfungsi untuk menjalankan slide yang sedang diakses pada
    slide pane.

Fitur-Fitur pada Microsoft Powerpoint beserta fungsinya.

1. TAB HOME

a. Clipboard terdiri dari:
  • Paste untuk menempelkan hasil paste atau cut.
  • Cut untuk memotong teks atau objek tampilan.
  • Copy untuk menggandakan teks atau objek terpilih
  • Format painter digunakan untuk meniru format halaan dokumen ke dalam dokumen lainya.
b. Slide terdiri dari :
  • New slide untuk menyisipkan slide yang baru.
  • Layout untuk menentukan tata letak slide.
  • Resert untuk menduplikasi (menggandakan) slide.
  • Delete untuk menghapus slide.
c. Font terdiri dari:
  • Font untuk mengubah jenis huruf.
  • Font Size untuk mengganti ukuran huruf.
  • Increase fontsize untuk membesarkan huruf.
  • Decrease fontsize untuk mengecilkan huruf
  • Clear all formatting untuk mengembalikan teks seperti semula.
  • Bold untuk membuat karakter huruf menjadi tebal.
  • Italic untuk membuat karakter huruf menjadi miring.
  • Underline untuk membuat karakter huruf menjadi garis bawah.
  • Striketrough untk menggambar atau membuat garis ditengah kalimat yang dipilih.
  • Text Shadow untuk memberikan efek pada tulisan.
  • Character Spasing untuk menatur jarak antara huruf yang satu dengan yang lainya.
  • Change case untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf capital dan sebaliknya.
  • Font color untuk member warna latar belakang.
d. Paragraph terdiri dari:
  • Bullets untuk menomorkan dengan menggunakan bentuk2 geometris.
  • Numbering utuk membuat penomoran.
  • Decrease list level untuk menggeser teks ke kiri.
  • Increase list level untuk menggeser teks ke kanan.
  • Line Spasing untuk mengatur spasi.
  • Align text left untuk meratakan teks sebelah kiri.
  • Center untuk penempatan teks ditengah.
  • Align text right untuk meratakan teks sebelah kanan.
  • Justify untuk meratakan teks sebelah kiri dan kanan.
  • Left-To-Right Text Direction untuk menggeser teks dari sebelah kiri ke kanan.
  • Right-To-Left Text Direction untuk menggeser teks dari sebelah kanan ke kiri.
  • Columns untuk membagi lembar kerja menjadi beberapa bagian.
  • Text Direction untuk mengubah arah teks.
  • Align Text untuk mengubah tempat posisi teks.
  • Convert To SmartArt Grapic untuk mengubah teks menjadi diagram.
e. Drawing tediri dari:
  • Shapes untuk membuat objek shape.
  • Arrage untuk mengatur posisi dan rotasi objek.
  • Quick styles untuk memberikan visual style.
  • Shape fill untuk memberi background warna pada objek.
  • Shape outline untuk member warna pada bingkai pada objek.
  • Shape effect untuk memberikan efek pada objek
f. Editing terdiri dari:
  • Find untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file.
  • Replace untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file.
  • Select digunakan untuk memilih objek tertentu dalam suatu file.

2. TAB INSERT

a. Table untuk membuat atau menempatkan table slide
b. Illustrations terdiri dari:
  • Picture untuk menyisipkan gambar pada slide.
  • Clipart sama halnya picture.
  • Photo album untuk mengambil gambar atau menambahkan gambar dari file lain yang ada di komputer.
  • Shapes untuk membuat bentuk sesuai kebutuhan presentasi.
  • SmarArt untuk menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram.
  • Chart untuk menyisipkan grafik dalam slide.
c. Link terdiri dari:
  • Hyperink digunakan untuk menyisipkan tautan ke luar dokumen seperti ke halaman web, dokumen lain, dll. fitur ini aktif setelah kita memblok suatu kata di halaman slide yang dibuat.
  • Action digunakan untuk menyisipkan aksi tertentu terhadap objek terpilih. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuka suatu file, program, dll dengan mengklik objek yang telah disisipi Action tadi
d. Text terdiri dari:
  • Text book untuk menyisipkan teks yang secara langsung tidak dilengkapi dengan bingkai.
  • Header and Footer untuk untuk menyisipkan kop halaman, baik kop atas maupun kop di bagian bawah halaman.
  • WordArt untuk membuat variasi teks dengan tampilan lebih menarik
  • Date and Time untuk menempatkan atau menyisipkan tanggal dan waktu pada slide.
  • Slide number untuk memberikan nomer pada lembar kerja.
  • Symbol untuk menyisipkan sebuah simbol.
  • Object untuk menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja.
e. Media clips terdiri dari:
  • Movie untuk menyisipkan vidio pada slide.
  • Sound untuk menyisipkan suara pada slide.

3. TAB DESIGN

a. Page setup terdiri dari:
  • Page Setup untuk mengatur ukuran slide.
  • Slide Orientation untuk mengatur orientasi slide.
b. Themes terdiri dari:
  • Colours untuk mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide.
  • Fonts untuk memberikan warna pada huruf.
  • Effect untuk memberikan efek warna.
c. Background terdiri dari:
  • Background Style digunakan untuk mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide.
  • Hide Background Graphics digunakan untuk menghilangkan dan memunculkan efek gambar pada background.

4. TAB ANIMATIONS

  • Preview berfungsi untuk melihat tampilan slide atau dokumen yang telah dibuat.
  • Animations digunakan untuk memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
  • Transtation to This Slide digunakan untuk memeberikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat terdiri dari Transtation sound, Transtation speed, Apply to all, Advance slide terdiri dari (on mouse click dan automatically after).

5. TAB SLIDE SHOW

a. Star Slide Show terdiri dari:
  • From Beginning digunakan untuk menjalankan slide mulai dari posisi awal hingga akhir slide.
  • From Current Slide digunakan untuk menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yang sedang dipilih hingga akhir slide
  • Custom Slide Show digunakan untuk mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan.
b. Set Up mengatur tampilan terdiri dari:
  • Hide Slide untuk menyembunyikan atau menampilkan slide yang diinginkan.
  • Rehearse Timings untuk engatur lamanya tampilan slide dengan menggunakan waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  • Record Narration digunakan untuk merekam dan memutar suara yang telah kita rekam sebelum nya sehingga akan membentuk narasi saat presentasi dijalankan
  • Rehearse Thimings digunakan untuk mengatur lama-nya tampilan slide dengan menggunakan waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
c. Monitors terdiri dari :
  • Resolution berfungsi untuk mengatur ukuran tampilan slide saat ditampilkan.
  • Show presentation on berfungsi untuk mengatur berjalannya slide saat presentasi.
  • Use presenter view berfungsi untuk tampilan pembukaan ataupu penutupan.

6. TAB REVIEW

  • Proofing digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang kita di slide.
  • Protect digunakan untuk melindungi slide presentasi yang kita buat.
  • Spelling berfungsi untuk memeriksa penggunaan kalimat.
  • Research berfungsi untuk menemukan kalimat yang ingin dicari.
  • Thesaurus berfungsi untuk pengartian dari bahasa yang telah di pilih.
  • Translate berfungsi untuk menerjemahkan ke bahasa lain.
  • Language berfungsi untuk memilih bahasa kalimat.
  • Comments digunakan untuk memberikan catatan pada slide yang kita buat.
  • Protect berfungsi membatasi pengguna yang mengakses presentasi.

7. TAB VIEW

a. Presentations View terdiri dari:
  • Normal View, berfungsi menampilakn slide dalam bentuk normal
  • Slide Sorter View, berfungsi menampilkan dan mengatur ukuran tampilan slide
  • Notes Page View, berfungsi membuat dan menampilkan catatan pada slide presentasi.
  • Slide Show, berfungsi menjalankan slide presentasi dalam layar penuh
  • Slide Master View, berfungsi membuka master slide untuk mengubah desain dan tampilannya.
  • Handout Master View, berfungsi menampilkan master handout untuk mengubah desain dan tampilan
  • View Notes Master, berfungsi membuka tampilan induk catatan.
b. Show / Hide terdiri dari:
  • Ruler, berfungsi menampilkan dan menyembunyikan penggaris.
  • Gridlines, berfungsi menampilkan dan menyembunyikan garis-garis di dalam dokumen
  • Message Bar, berfungsi melengkapi beberapa tindakan terhadap dokumen.
c. Zoom terdiri dari:
  • Zoom, berfungsi untuk memperbesar tampilan slide.
  • Fit to Window, berfungsi untuk menyesuaikan ukuran slide dengan ukuran jendela.
d. Color/Grayscale yang terdiri dari :
  • Color, berfungsi untuk menampilkan slide presentasi dengan berbagai warna.
  • Grayscale, berfungsi untuk menampilkan slide presentasi dengan warna abu-abu.
  • Pure Black And White, berfungsi untuk menampilkan slide presentasi dengan warna hitam dan putih.
e. Window yang terdiri dari 
  • New Window, berfungsi membuka jendela baru dengan isi dokumen yang sama.
  • Arrange All, berfungsi mengatur jendela presentasi sehingga semuanya saling berdampingan.
  • Cascade Windows, berfungsi menyusun semua file yang sedang terbuka dalam satu tampilan
  • Move Split, berfungsi memindahkan pemisah yang membagi beberapa bagian dalam satu jendela.
  • Switch Windows, berfungsi menutup jendela yang aktif dan membuka file presentasi lainnya
f. Macros.
Toolgroup macros, digunakan untuk sesuatu yang berhubungan dengan database. Pada toolgroup ini hanya ada satu tombol bernama View Macros. 
View Macros berfungsi melihat daftar makro yang dapat dijalankan atau dihapus.

Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat baca semua.
AYO BELAJAR BERSAMA, AYO MEMBACA.

sumber :
http://warkop-berbagi-ilmu.blogspot.com/2017/02/fungsi-fitur-pada-power-point.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN PADA HARDWARE KOMPUTER

MENGENAL BAGIAN DAN FITUR MICROSOFT OFFICE WORD

BAHAN AJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL