HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Gambar
Pengertian HAKI Kekayaan Intelektual (KI) merupakan hasil pemikiran berupa ide atau gagasan yang diwujudkan atau diekspresikan dalam bentuk penemuan, karya ilmu pengetahuan sastra dan seni, desain, simbol /tanda tertentu, kreasi tata letak komponen semikonduktor maupun varietas hasil pemuliaan. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak eksklusif yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Secara sederhana HAKI mencakup Hak Cipta, Hak Paten dan Hak Merk.  Namun jika dilihat lebih rinci HAKI merupakan bagian dari benda, yaitu benda tidak berwujud (benda imateriil). Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) termasuk dalam bagian hak atas benda tak berwujud (seperti paten, merek, dan hak cipta). Hak Atas Kekayaan Intelektual sifatnya berwujud, berupa informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sastra, keterampilan dan sebagainya yang tidak mempunyai bentuk tertentu. Jenis Hak Kekayaan Intelektual Hak Cipta. Hak Kekayaan Industri, meliputi:

KOMUNIKASI DALAM JARING SINKRON

Komunikasi dalam Jaringan Sinkron (Langsung)

Komunikasi Menggunakan Komputer Atau Smartphone Sebagai Media, Yang Terjadi Secara Serempak (Langsung), Di Waktu Yang Nyata (Real Time). 
Contoh : Text Chat, Video Chat, Video Conference, dll.

a. Layanan Text Chat

Berkomunikasi menggunakan text dengan pengguna lainnya. Dan memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainnya sedang daring (online). 
Contoh : Yahoo Messenger, Facebook Chat, Bbm, Whatsapp, Line, Messenger, Telegram, dll.

b. Layanan Video Chat

Berkomunikasi antar pribadi 1 ke 1, dengan menghadirkan mitra bicara dalam bentuk visual dengan suara ke hadapan pengguna.
Contoh : Facebook Video Call, Line Video Call Skype, Google+ Hangout, Facetime, Google Duo dll.

c. Layanan Video Conference

Layanan video call yang dilakukan secara antarpribadi antara 3 orang atau lebih (multipoint) dengan beberapa layanan tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll. 
Contoh : Skype, Google+ Hangout, Bigbluebutton, Web Conference Dll. 

Tata Krama daring Sinkron 

  1. Gunakanlah nama asli dan lokasi anda. 
  2. Pastikan perlengkapan audio berfungsi dengan baik. 
  3. Cari lingkungan yang tenang. Jangan sampai ada suara di sekitar anda mengganggu jalannya konferensi. 
  4. Saat anda dipersilakan berbicara, teruslah berbicara. Jika terdapat masalah teknis, peserta lain akan menginformasikannya. 
  5. Fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference. 

Somoga materi diatas bermanfaat bagi semua pembaca.
MARI BELAJAR BERSAMA, MARI MEMBACA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN PADA HARDWARE KOMPUTER

MENGENAL BAGIAN DAN FITUR MICROSOFT OFFICE WORD

BAHAN AJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL