HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Gambar
Pengertian HAKI Kekayaan Intelektual (KI) merupakan hasil pemikiran berupa ide atau gagasan yang diwujudkan atau diekspresikan dalam bentuk penemuan, karya ilmu pengetahuan sastra dan seni, desain, simbol /tanda tertentu, kreasi tata letak komponen semikonduktor maupun varietas hasil pemuliaan. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak eksklusif yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Secara sederhana HAKI mencakup Hak Cipta, Hak Paten dan Hak Merk.  Namun jika dilihat lebih rinci HAKI merupakan bagian dari benda, yaitu benda tidak berwujud (benda imateriil). Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) termasuk dalam bagian hak atas benda tak berwujud (seperti paten, merek, dan hak cipta). Hak Atas Kekayaan Intelektual sifatnya berwujud, berupa informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sastra, keterampilan dan sebagainya yang tidak mempunyai bentuk tertentu. Jenis Hak Kekayaan Intelektual Hak Cipta. Hak Kekayaan Industri, meliputi:

PENGERTIAN, FUNGSI, SEJARAH DAN JENIS SISTEM OPERASI


Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi yang dipahami secara umum adalah seperangkat sistem yang bertugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras (hardware) serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk juga menjalankan perangkat lunak (software), pengolahan data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Sejarah Sistem Operasi

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:
  1. Generasi Pertama (1945-1955) : Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
  2. Generasi Kedua (1955-1965) ; Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
  3. Generasi Ketiga (1965-1980) : Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekali gus).
  4. Generasi Keempat (Pasca 1980an) : Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

Jenis - Jenis Sistem Operasi

Sistem operasi dapat dibedakan berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dapat dijalankan, juga berdasarkan jenis software, atau jenis hardware yang digunakan. Berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dijalankan, sistem operasi dapat dikategorikan dengan:
  1. Single User – Single Tasking : Satu komputer hanya bisa digunakan oleh satu user dan hanya bisa menjalankan satu program di satu waktu, contohnya: DOS (Disk Operating System).
  2. Multi User – Single Tasking : Satu komputer dapat digunakan oleh banyak user namun tiap user hanya bisa menjalankan 1 program (aplikasi) di satu waktu, contohnya: Novell Netware yang menjalankan SO Network berbasis DR-DOS.
  3. Single User – Multi Tasking : Satu komputer dipakai oleh satu user dan dapat menjalankan banyak program disatu waktu, contohnya: Windows, MacOS, BeOS, JDS, dll.
  4. Multi User – Multi Tasking : Satu komputer dipakai bersamaan oleh banyak user yang dapat menjalankan banyak program di satu waktu, contohnya: Unix, Linux, FreeBSD (SO turunan Unix) atau Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe, dll.

Contoh Sistem Operasi pada Komputer

1. Microsoft Windows

Sistem operasi Windows dirilis oleh perusahaan Microsoft pada tahun 1990. Saat itu seri yang dirilis adalah Windows 3.0 sebagai kelanjutan dari seri Windows 1.0 dan 2.0 yang telah diciptakan sebelumnya. Sistem operasi Windows 3.0 sendiri berbasis GUI (Graphical User Interface).

Microsoft terus memperbarui dan mengembangkan sistem operasi windows dan merilis beberapa generasi lanjutan, seperti Windows 97, Windows 98, windows ME, Windows 2000 Server, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Versi terbaru windows 10.

2. IBM OS / 2

Sistem operasi IBM OS/2 merupakan sistem yang dikembangkan oleh International Bussiness Machine (IBM) Corporation dan Microsoft Corporation. Pemakaian sistem operasi pada komputer IBM ini, dimaksudkan sebagai pengganti Sistem Operasi DOS.

OS/2 sendiri adalah singkatan dari Operating System/2. Perancangan sistem operasi OS/2, memungkinkan penggunanya memaksimalkan Mikroprosessor Intel 80286 dan modus terproteksi (Protected Mode). Kemampuan tersebut membuat sistem operasi mampu menjalankan tugas secara bersamaan (simultan), serta mendukung memori virtual dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS.

3. UNIX

Sistem operasi UNIX banyak digunakan pada komputer besar seperti superkomputer atau mainframe. Superkomputer adalah komputer yang digunakan pada perusahaan besar, seperti Badan Pertahanan Amerika, perusahaan pembuat pesawat terbang, dan lain-lain.

UNIX merupakan sistem operasi yang ditulis dalam bahasa C sehingga punya kemiripan dengan DOS, yaitu Line/Text Command Based. Sistem operasi UNIX lebih secure dibanding dengan sistem operasi lain karena setiap file, direktori, user dan group memiliki seperangkat izin tersendiri untuk diakses.

UNIX juga dapat melakukan pengelolaan data dengan jumlah yang sangat besar karena dilengkapi processor yang sangat cepat dan memori yang sangat besar.

4. Linux

Sistem operasi Linux dikembangkan oleh Linus Benedict Torvalds, kebangsaan Finlandia. Linux merupakan sistem operasi open source yang bisa dikembangkan oleh siapapun.

Linux merupakan turunan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), yang peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU. Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani proses kontrol, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas.

Linux dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.

5. Macintosh

Sistem operasi komputer Macintosh dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer MacIntosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. MAC OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI).

Diperkenalkan pada tahun 1984, sistem operasi MAC telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86, sejak tahun 2002. Pada MAC klasik, command line (baris perintah) tidak tersedia secara sembarangan dan menggunakan cooperative multitasking secara menyeluruh.

Sementara, MAC OS X telah memasukkan unsur-unsur BSD Unix dan One Step. Memori yang dimiliki pun sudah menyerupai UNIX dan Pre-Emptive Multitasking.

Contoh Sistem Operasi pada Handphone

Sama seperti halnya sebuah komputer, telepon pintar juga menggunakan sistem operasi seperti:

1. Sistem Operasi Symbian

Symbian adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd., dan dirancang untuk digunakan pada peralatan bergerak atau ponsel.

Jenis sistem operasi ini mudah kita temukan pada ponsel-ponsel produk Nokia dan beberapa produk Sony. Sekarang, sistem operasi ini sudah tidak populer karena kalah dengan beberapa sistem operasi baru, seperti Android.

2. Sistem Operasi Android

Android adalah sistem operasi yang paling populer dan digunakan banyak orang. Pada dasarnya, Android adalah sistem operasi linux yang dikembangkan dan dibuat untuk ponsel.

Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android sendiri sudah mengalami banyak perubahan.

3. Sistem Operasi BlackBerry

BlackBerry adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) untuk produk smartphone BlackBerry.

Sistem operasi ini menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touch–screen.

4. Sistem Operasi Palm

Palm adalah sistem operasi untuk ponsel yang dikembangkan oleh Palm Inc. Perusahaan multinasional yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat ini, menanamkan sistem operasi Palm dalam ponsel Palm Treo 680.

Smartphone yang menggunakan sistem operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.

5. Sistem Operasi Windows Mobile

Windows Mobile adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft untuk peralatan bergerak (mobile). Windows Mobile muncul pertama kali sebagai sistem operasi Pocket PC 2000.

Sebagian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar.

6. Sistem Operasi iOs

iOS adalah singkatan dari iPhone Operating System. Dari namanya saja, kita sudah bisa menyimpulkan bahwa iOS merupakan sistem operasi yang dikembangkan khusus untuk perangkat iPhone. iOS dikembangkan oleh Apple, perusahaan yang juga membuat iPhone, iPad, dan juga MacBook. iOS diturunkan dari Mac OS X, oleh karena itu memiliki ciri sebagaimana sistem operasi UNIX.

iOS tidak sama dengan Android. Karena Android adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan secara open source. Sedangkan Apple lebih memilih mengembangkan iOS secara tertutup (close source), dan hanya perusahaan berlogo apel ini yang mengetahui source code nya.

Cukup sekian postingan dari saya, sampai jumpa di artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.
MARI MEMBACA.

Sumber :
http://1001second.blogspot.com/2015/07/pengertian-fungsi-jenis-dan-sejarah.html
https://www.sayanda.com/sistem-operasi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN PADA HARDWARE KOMPUTER

MENGENAL BAGIAN DAN FITUR MICROSOFT OFFICE WORD

BAHAN AJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL