HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Gambar
Pengertian HAKI Kekayaan Intelektual (KI) merupakan hasil pemikiran berupa ide atau gagasan yang diwujudkan atau diekspresikan dalam bentuk penemuan, karya ilmu pengetahuan sastra dan seni, desain, simbol /tanda tertentu, kreasi tata letak komponen semikonduktor maupun varietas hasil pemuliaan. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak eksklusif yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Secara sederhana HAKI mencakup Hak Cipta, Hak Paten dan Hak Merk.  Namun jika dilihat lebih rinci HAKI merupakan bagian dari benda, yaitu benda tidak berwujud (benda imateriil). Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) termasuk dalam bagian hak atas benda tak berwujud (seperti paten, merek, dan hak cipta). Hak Atas Kekayaan Intelektual sifatnya berwujud, berupa informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sastra, keterampilan dan sebagainya yang tidak mempunyai bentuk tertentu. Jenis Hak Kekayaan Intelektual Hak Cipta. Hak Kekayaan Industri, meliputi:

INSTALASI DRIVER PERANGKAT KERAS PADA KOMPUTER ATAU LAPTOP

Apa itu Driver Komputer ?

Driver komputer adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, agar setiap perangkat keras yang terpasang bisa berinteraksi dengan Sistem Operasi ,aplikasi dan berinteraksi dengan perangkat yang lain.

Driver komputer diperlukan oleh sistem operasi sebagai jembatan/penerjemah komunikasi antara hardware dan sistem operasi agar hardware yang terpasang di komputer dapat dikelola dan digunakan resource nya oleh aplikasi yang berjalan di komputer tesebut.

Fungsi Driver 

Fungsi driver adalah sebagai panduan atau pengendali agar komputer anda dapat mengenali serta menjalankan hardware yang sudah terpasang sebelumnya. Kinerja driver dalam suatu komputer diibaratkan sebagai sebuah buku panduan untuk masing – masing jenisnya, apabila driver LAN berarti seperti buku panduan untuk menjalankan fungsi LAN secara optimal, jika yang diinstal adalah driver VGA berarti seperti buku panduan untuk mensetting VGA secara optimal agar komputer tidak terlalu boros.

Bahkan seringkali ditemukan suatu perangkat tidak dapat dijalankan seperti Wi-Fi, Bluetooth dan lain – lain. Hal ini bisa jadi diakibatkan driver yang belum terinstall atau belum diupdate. Kegiatan install ulang OS juga biasanya disertai dengan install driver agar lebih memudahkan konsumennya. Dengan melihat realitas ini maka dapat dipastikan fungsi driver memang sangat penting terutama dalam pengoperasian perangkat – perangkat komputer anda.

Instalasi Driver Menggunakan DriverPack Solution

Driver Pack Solution, sesuai namanya software buatan Artur Kuzyakov beserta timnya ini menjadi solusi terbaik untuk anda yang menginginkan adanya software driver pack terbaik.

Setelah terpasang software ini akan langsung menganalisa komputer anda dan langsung memberi opsi driver terbaik sesuai kebutuhan. Dengan adanya database driver yang unik serta kemampuan Machine Learning yang mampu menginstall driver secara otomatis, tentunya menjadi alasan yang kuat untuk memilih software Driver Pack Solution ini.

Untuk menginstall driver pada PC, program yang paling sering digunakan adalah DriverPack Solution. Program ini berisi jutaan driver yang tentunya akan sangat membantu sekali bagi pengguna komputer dalam instalasi driver PC mereka.

Kenapa DriverPack Solution?

Saya disini tidak ada niatan mempromosikan software ini. Pasalnya DriverPack Solution ini memang benar-benar bermanfaat untuk pengguna komputer, terutama bagi yang awam dalam dunia komputer. Misalkan anda baru saja membeli laptop baru, anda pasti mendapatkan CD drivernya juga bukan? Setelah itu anda perlu menginstallnya satu per satu.

Nah biasanya driver-driver yang disertakan dalam CD tersebut out to date atau driver yang versi lama. Mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah bagi sebagian orang. Nah kasus yang sering saya dengar adalah CD drivernya hilang, tidak begitu paham cara menginstall driver dan lain sebagainya. Maka dari itu, DriverPack Solution ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa program ini berisi jutaan driver di database mereka, jadi tidak heran jika filenya berukuran monster, hehehe. Selain itu semakin up to date versi yang anda gunakan, biasanya semakin besar pula ukuran filenya. Anda dapat mendownload DriverPack Solution terbaru melalui link berikut ini.

Cara Menginstall Driver dengan DriverPack Solution

Berhubung program ini memiliki format .iso, jadi untuk membukanya terlebih dahulu pastikan anda sudah menginstall software CD/ DVD image file tool seperti PowerISO atau DAEMON Tools.
  • Pertama-tama jalankan programnya seperti biasa.
  • Anda akan melihat tampilan awal DriverPack Solution seperti gambar berikut ini. Versi yang saya gunakan merupakan veri yang ‘lumayan’ baru. Jadi seperti yang saya katakan sebelumnya, usahakan menggunakan versi yang terbaru.

  • Setelah proses scanning driver selesai, anda akan melihat jumlah driver yang akan diinstall. Sebagai contoh, pada laptop kakak saya ada 14 driver yang akan diinstall. Untuk menginstall semua driver tersebut, tinggal klik tombol Install Automatically.

  • Pada langkah berikut ini, silakan anda tunggu beberapa menit. Lama tidaknya proses ini tergantung seberapa banyak driver yang diinstall.

  • Jika driver sudah selesai diinstall semua, anda akan melihat tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Jangan lupa untuk reboot/ restart PC anda setelah instalasi semua driver selesai.

Begitulah cara menginstall driver komputer maupun laptop dengan mudah, bahkan yang awam pun saya rasa akan bisa melakukannya sendiri. Misalkan anda lebih menyukai mengunduh satu per satu driver di website resminya, boleh-boleh saja.

Sekian dulu ya sobat server, Semoga bermanfaat.
MARI MEMBACA.

Sumber :
https://www.nesabamedia.com/pengertian-driver/
https://www.nesabamedia.com/cara-menginstall-driver/
https://www.tembolok.id/pengertian-driver-komputer-fungsi-dan-contohnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMASALAHAN PADA HARDWARE KOMPUTER

MENGENAL BAGIAN DAN FITUR MICROSOFT OFFICE WORD

BAHAN AJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL